JetAudio VS Winamp

2 Aplikasi atau Software yang sama tapi beda yg akan saya analisa adalah Software untuk Music Player, yaitu JetAudio dan Winamp.
JetAudio dan Winamp adalah software gratisan yang berfungsi sebagai Music Player pada laptop atau komputer (sungguh mulia yang bikin ke-2 software ini.... ). Kedua software ini termasuk dalam kategori freeware (Tentunya Gratis, sesuai dengan mahasiswa cekak seperti saya.. hehe..) Lalu apa yang membedakan ke-2 software ini?? Apa kelebihan serta kekurangan dari masing-masing software music ini?? Serta mana yang cocok dengan pribadi diri kita?? Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini adalah sedikit analisa saya tentang software ini masing-masing.



JetAudio



Software pemutar musik ini dapat di download di situsnya di www.jetaudio.com. Satu kelemahan dari jetAudio ini adalah kapasitas memory yang besar yang dipakai ketika saya install di komputer. Bila saya bandingkan dengan winamp, dalam beberapa data yang saya cari, banyak yang bilang jetAudio ini memakan banyak memori pada harddisk. Mungkin ini disebabkan jetaudio tersebut memiliki banyak fasilitas-fasilitas yang belum tentu dimiliki oleh winamp.

Berikut contoh fasilitas JetAudio yang di tawarkan
  • Untuk convert sebuah file music.
  • Untuk mengubah format file music.
  • Dapat untuk digunakan burning data atau audio.
  • Bisa memutar video.
  • Output audio yang terkesan lebih jernih daripada winamp.
  • Variasi skin yang cukup banyak (harus download).

Namun, dibandingkan dalam segi skin atau penampilan JetAudio ini memang kalah telak oleh winamp. Karena jika kita bosan dengan skins JetAudio yang ada, kita harus mendownloadnya terlebih dahulu jika ingin terlihat variasi dari jetAudio. Sangat berbeda dengan Winamp, kita dapat mencarinya di situs resminya, dan adanya software pihak ketiga untuk kita berkreasi membuat skins winamp tersebut. Keuntungan JetAudio bisa dijadikan tray berbeda jauh memang dengan Winamp. Tapi jika kita tertarik dengan JetAudio ini kita harus memiliki spesifikasi komputer yang cukup tinggi untuk mendapatkan performa yang baik.


Winamp

Software yan satu ini banyak yang menggemarinya, karena winamp memiliki penampilan yang bisa dibilang baik dan bagus. Software ini bisa di download secara gratis pada situsnya di www.winamp.com. Winamp memberikan secara cuma-cuma software ini (Ngertiin bgt c yg bikin Winamp ini...hihi..). Bisa dibilang Winamp ini sangat populer pada kalangan pengguna laptop maupun komputer (Karna Gratis kalii yaa..). Mungkin karena simplenya penampilan winamp ini. Lihat saja dari segi skinnya, begitu menarik dengan skin yang dapat kita ganti kapanpun sesuai dengan apa yang kita inginkan, serta kita dapat membuat skin winamp sendiri tanpa harus kita mencari atau mengunduh skins winamp di website resminya ataupun pada search engine yang telah ada.
Aplikasi pihak ketiga untuk membuat skins winamp adalah Skinner. Aplikasi ini hanya digunakan untuk membuat skins winamp. Bisa dibilang software winamp ini software yang paling disukai oleh orang-orang saat ini. Pasti jika kita menginstal komputer kita software pemutar music yang diinstal oleh teknisi komputer adalah winamp, karena memang winamp lebih umum dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Tapi sayang pada seri winamp 3 sekarang banyak sekali kekurangan-kekurangan yang ada. Seperti banyaknya memori HD untuk satu software ini tidak stabil, suka error namun dapat untuk memutar video serta mampu untuk dimainkan pada saat kita bermain game, karena di series 2 Winamp sebenarnya lebih simple, memori HD terlampau kecil untuk menginstallnya, namun sayang tak bisa untuk memutar video. Namun bisa diambil kesimpulan dari beberapa komentar dan dari data yang saya cari orang-orang banyak memilih winamp series 2 karena emang lebih simple alias lebih mudah digunakan.
Jadi untuk kesimpulannya, software pemutar music ini sebenarnya sama-sama baik, tinggal dilihat saja dari yang kita lebih senangi, jika spesifikasi komputer lebih tinggi dan memiliki memori yang cukup dan Anda senang dengan JetAudio maka gunakan saja JetAudio atau jika Anda lebih senang dengan Winamp dengan segala bentuk serta fitur yang ada karena memang memiliki kapasitas yang kecil kenapa tidak Anda memilih Winamp saja untuk pemutar music di layar komputer Anda. Semuanya terserah anda..

3 komentar:

  1. Sekarang saatnya beralih ke produk dalam negeri, Download dan gunakan Kanca Media Player, aplikasi multimedia lokal Indonesia dari Kancasoft. GRATIS!

    Download di:
    http://www.kancasoft.com/

  1. kalo ane lebih seneng pake jet audio.. eh, tapi kadang suka pake winamp juga deh *plin-plan* hehehe

  1. http://yuntoroblog.blogspot.com/2014/07/hear-software-untuk-mendongkrak.html

Posting Komentar