SYSTEM RESTORE....!!

…SYSTEM RESTORE…

Wahh,,makhluk apa lagi neh?? Hehe.. Mungkin buat para “Trouble Maker” dan “Rombakers”, istilah ini sudah tidak aneh lagi. Dan saya sangat YAKIN teman-teman semua udah tau fungsi dari System Restore ini. Masa ceh hari gene kaga’ tau manfaat Sytem Restore, anak MIC pasti dah pada tau donkk.. J

Saya akan sedikit menerangkan tentang apa sih System Restore itu? Apa manfaatnya? Bagaimana cara menjalankannya? Yuukk ahh…

Kalo kita memodifikasi atau meng-oprek “jeroan” Windows, pasti tidak lepas dari resiko kesalahan atau error. Di Windows kita mengenal istilah windows crash, hang, error atau apa lah namanya. Nah modifikasi yang kita lakukan dapat mengakibatkan hal-hal tersebut dapat merusak system operasi wndows anda, sehingga windows anda tidak bisa bekerja dengan baik.

Kesalahan yang kecil sekalipun dapat mengakibatkan kesalahan yang fatal dalam kinerja windows, dan jika hal ini terjadi kita terpaksa harus install ulang windows. Namun anda tidak perlu khawatir, cemas, takut, deg – degan, was – was, (ahh parno dehh.. haha..) dalam melakukan modifikasi, karena kita dapat belajar dari kesalahan-kesalahan. Resiko terjadinya kerusakan pada windows atau kehilangan file – file kesayangan kita (Lebay bgt c..!!) dapat kita hindari dengan mem-backup lebih dahulu sebelum melakukan modifikasi. Kalo memang terjadi hal-hal yang tidak kita inginkn terjadi, seperti Windows Crash, kita dapat mengembalikan kondisi windows kembali seperti sedia kala.. Haha

Ada sedikit tips deh buat temen2.. JANGAN PERNAH SEKALI-KALI MENYIMPAN DATA PENTING KITA DI “MY DOCUMENTS”. Karena ketika windows kita crash alias rusak binti hang, kita harus menginstall ulang Windows kita, dan itu menyebabkn data – data yang terdapat di “MY DOCUMENTS” akan terhapus secara Permanent..

Setelah kita melakukan Rescue data (Nyelametin data dehh..), hal penting lainnya yang harus kita lakukan adalah membuat restore point sebelu melakukan modifikasi, ikuti lankah-langkah berikut ini untuk memnuat restore ponit :

1. Klik menu Start -> All Program -> Accessories -> System Tools -> System Restore.

2. Muncul jendela system restore, lalu tandai plihan create a restore point. Klik next I create jika sudah.

3. Pada tab restore point description beri nama restore poin anda misalnya checkpoin 1.klk next creat jika sudah. Restore point description : Gunseikan Restore

4. Klik close untuk menutup jendela system restore atau klik home untuk kembali ke menu utama.

Nah, sekarang kita sudah membuat backup sistem pada windwoa kita sendir.. Gampang kan??? Jika suatu saat windows kita crash atau rusak binti hang akibat modifikasi yang kita lakukan salah, kita tinggal menggunakan restore point tadi untuk mengembalikan windows kekondisi saat resrore ini dibuat. Oia, langkah di atas, kita membuat backup system pada hari Kamis tanggal 20 Mei 2010.

Windows crash…!!!!

Wahh,,langung gelampangan, muter sana muter sini kalo udah denger atau tau kalo Windows kita crash. Ga usah PANIK gitu kalee… Haha,,.. Tadi kan kita udah buat backup-an sistem kita.,yaah berarti kita udah pegang obat penawarnya gito.. hehe.. Jika hal ini terjadi, alias windows kita mengalami crash atau kerusakan, saatnya anda menembalikan kondisi windows ke kondisi semula dengan mengunakan sysem restore. Nahh,,disini saya kan menjelaskan apa manfaat dari System restore tersebut.

1. Klik menu Start -> All Program -> Accessories -> System Tools -> System Restore.

2. Setelah muncul jendela system restore, lalu tandai pilihan “restore my komputer to earlier time”.

3. Pada kalender yang sudah disediakan, pilih tanggal dan hari yang akan kita gunakan sebagai acuan untuk mengembalikan kondisi dan settingan – settingan komputer kita. (Duhh,,Puyeng kang…). Gini contohnya, misalnya windows crash pada hari Sabtu tanggal 22 mei 2010, dan kita ingin menembalikannya ke kondisi pada hari Kamis tanggal 20 mei 2010 (sama seperti contoh yang saya jelaskan di atas…), maka kita tinggal meng-klik tanggal 20 mei di kalender yang tersedia disana.


4. Kemudian, pilih restore point yang ada di tab sebelah kanan. Kalo kita pernah membuat restore point pada hari itu, maka secara otomatis restore point tersebut akan di tampikan ( dalam contoh di atas, kita telah membuat restore pont dengan nama “Gunseikan Restore”)

5. Klik NEXT, kemudian akan muncul Jendela “Confirm Restore Point Selection”.

6. Klik NEXT, maka windows akan mengembalikan setingan – setingan pada hari yang telah anda pilih. Setelah itu komputer akan di-restart secara otomatis

7. Pada saat startup windows atau komputer nyala, kondisi komputer kita sudah kembali ke kondisi pada hari yang telah anda pilih. Klik OK jika ada warning.

Udah tuhh,,di jelasin tentang SYSTEM RESTORE, jadi ga ada alasan lagi untuk gelagapan kalo windows kita crash…

THE END

Download Tutorial : Here

1 komentar:

  1. nice articles, but jangan yang sudah familier atuh fren. cari yang terbaru

Posting Komentar